UMAHA Peringati Satu Muharram dengan Menggelar Karnaval dan Lomba Photography

banner 970x250

TAMAN –  Universitas Maarif Hasyim Latif (Umaha) dan Yayasan Pendidikan Maarif (YPM) memperingati tahun baru Islam 1445 Hijriah dengan melaksanakan giat Karnaval. Dengan tema “Penguatan Budaya Baik untuk Mewujudkan Peradaban Baru” tersebut melibatkan kurang lebih 8000 peserta dilakukan dengan berjalan kaki dari Sepanjang Town House hingga kampus Umaha, Sidoarjo, Rabu pagi (19/07/2023)

Menariknya, peserta menggunakan kostum mulai dari pakaian adat hingga busana kreatif nusantara yang telah ditentukan oleh Rektor Umaha. Untuk seragam karnaval di tiap tiap Unit atau devisi, hal ini dimaksudkan untuk menjaga keutuhan NKRI, sesuai dengan jargon Nahdlatul Ulama Hubbul Wathon minal Iman. Yang artinya mencintai negara adalah sebagian dari pada iman.

Rektor Umaha, Dr Hidayatullah menuturkan bahwa dengan diadakannya karnaval Muharram ini adalah salah satu bukti cinta kepada NKRI, sehingga civitas akademika wajib menggunakan kostum baju adat dari seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut juga untuk menumbuhkan rasa nasionalisme kesatuan Republik Indonesia.

“Tujuan dari kegiatan ini sebagai bentuk pengingat kepada masyarakat umum bahwa, ada peristiwa besar pada bulan Muharram yaitu hijrahnya Rasulullah SAW ke Madinah,” jelasnya.

Baca Juga  Pengawas Madrasah Sebut MI Al-Hidayah Barometer Madrasah di Kecamatan Tarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *