Situs Resmi PCNU Kab. Sidoarjo

UAS PGSD Unusida jadi Media Melestarikan Budaya Jawa

Ujian Upacara Tingkepan

PGSD Unusida Gelar Upacara Adat Jawa pada
ujian akhir semester (uas) mata kuliah Pendidikan Bahasa Daerah program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Prodi PGSD) Universitas NU Sidoarjo (Unusida). Ujian tersebut dilaksanakan dengan menggelar Adicara Upacara Adat Jawa.

Secara berkelompok mahasiswa diwajibkan membuat acara hajatan dalam tradisi Jawa yang terdiri dari Upacara Temu Manten, Siraman, Mudun Lemah, dan Tingkepan.

Dosen Bahasa Daerah Wahyu Maulida Lestari menjelaskan tujuan pelaksanaan ujian semacam itu untuk membekali mahasiswa keterampilan menggelar upacara adat Jawa. Sebelumnya, mereka juga dibekali kemampuan berbahasa Jawa Kromo untuk memandu upacara.

“Mereka selain bisa berbahasa Jawa Kromo juga memahami upacara-upacara Jawa yang sudah jarang ditemui,” jelas Wahyu.

Selain itu, untuk penanaman pendidikan karakter mahasiswa calon guru lulusan PGSD Unusida yang bisa dikembangkan untuk jasa event organiser sebagai nilai tambah lulusan.

Intinya, lanjut Wahyu, untuk mengenalkan kembali kultur Jawa yang sudah mulai ditinggalkan. Mata kuliah Bahasa Jawa jadi salah satu media pelestarian kearifan local dan budaya asli Indonesia yang kemudian disampaikan kepada masyarakat.

Bertempat di aula kantor Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Maarif NU Sidoarjo, pada Sabtu, 6 Juli 2019 pelaksanaan ujian tersebut diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 4.

Peserta Ujian Upacara Mudun Lemah
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.