Santri Ponpes Progresif Bumi Shalawat Diajak Teladani Para Pahlawan

banner 970x250

SIDOARJO – Pondok Pesantren Progresif Bumi Shalawat, Sidoarjo menggelar upacara bendera pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI), Rabu (17/08/2022) pagi di halaman pesantren setempat.

Pengurus Yayasan Pondok Pesantren Progresif Bumi Shalawat, M Khusnan Iskandar mengajak para santri untuk mensyukuri perjuangan pahlawan dengan meneladani sikap, jiwa perjuangan dan pengabdiannya.

“Maka di manapun kita ditempatkan untuk mengabdi kepada bangsa Indonesia jangan mengeluh. Itu demi bangsa dan negara,” tandasnya.

Dalam konteks santri, Khusnan menuturkan harus memiliki rasa perjuangan yang kuat dalam memerangi hawa nafsu. Karena untuk mengisi kemerdekaan butuh generasi yang pintar, cerdas dan jujur.

Dengan tiga modal ini bangsa Indonesia tidak akan mudah ditipu daya orang-orang yang tidak menyukai kemerdakaan Indonesia.

“Siapa para pahlawan kalian sekarang? Tidak lain adalah kedua orang tua, guru dan kiai. Sebab merekalah kalian mengerti banyak hal. Hormatilah mereka agar kalian mendapat ilmu yang barakah dan manfaat,” jlentrehnya.

Ia menambahkan, dalam rangka mensyukuri nikmat Allah yang berupa kemerdekaan, dapat diwujudkan dengan mencintai tanah air atau  Hubbul Wathon Minal Iman. Dengan modal cinta, seseorang akan mempunyai cita-cita bagaimana bangsa ini maju, jaya dan sentosa,” ucapnya.

Selain itu menghargai setiap perbedaan yang ada juga bentuk syukur atas kemerdekaan. Karena sejatinya perbedaan adalah ketentuan Allah yang kita sikapi dengan baik. Manusia diciptakan oleh Allah berbeda-beda. Dijadikan seorang laki-laki dan perempuan, bersuku-suku dan berbangsa agar saling mengenal.

“Dengan bekal cinta tanah air dan menghargai perbedaan ini akan menjadi bekal utama untuk kita di dalam mengisi kemerdekaan,” tandasnya.

Pewarta: Boy Ardiansyah

Editor: Mustain

Baca Juga  Ribuan Anak Ikuti Kirab Maulid dan Gebyar Petani Cilik IGTK RA Muslimat NU Sidoarjo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *