Santri Mahika Suguhkan Drama Kolosal di Alun-Alun Kota dalam Upacara HSN 2022

banner 970x250

SIDOARJO – Ratusan santri dan tokoh pesantren se-Sidoarjo bersama-sama menghadiri upacara bendera peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2022 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo di alun-alun setempat, Sabtu (22/10/2022).

Seusai upacara bendera, ada hal menarik yang ditampilkan para santri untuk menghibur para peserta upacara, yakni pertunjukan drama kolosal Resolusi Jihad KH M Hasyim Asy’ari yang disuguhkan oleh 99 santri Pondok Pesantren Manbaul Hikam Putat, Tanggulangin, Sidoarjo.

Salah satu pengurus pondok yang berhasil dihubungi tim media, Gus Bahron Nafi’ biasa disapa, mengatakan bahwa pertunjukan ini dimaksudkan untuk mengingatkan peran santri dan membangkitkan semangat patriotisme terutama kepada “santri zaman now”.

“Peran santri sudah ada dan sangat penting sejak era pra kemerdekaan, untuk itu rasa kebangsaan untuk mempertahankan NKRI harus tetap dibangkitkan,” kata Gus Bahron.

Ia juga menambahkan bahwa drama kolosal ini menceritakan awal mula keluarnya fatwa resolusi jihad yang diserukan oleh Mbah Hasyim hingga meletusnya pertempuran bersejarah yang dilakukan oleh “arek-arek suroboyo” sebagai respon atas fatwa resolusi jihad tersebut.

“Kami berharap generasi muda terutama para santri dapat meneruskan perjuangan pahlawan dan ulama terdahulu, salah satunya yakni mengisi momen peringatan ini dengan hal-hal positif dan berprestasi,” ungkapnya.

Masduki Mahfud, salah satu santri Mahika mengaku bangga memerankan KH M Hasyim Asy’ari dalam drama kolosal ini. Menurutnya, sosok Mbah Hasyim merupakan seorang ulama yang gigih dalam berjuang melawan penjajah.

“Kiai Hasyim Asy’ari adalah tokoh ulama besar dan pahlawan bangsa yang harus kita teladani sekaligus kita kenang jasanya sepanjang masa. Saya ingin diakui menjadi santri beliau dan memiliki pesantren,” tandas santri MA kelas XII tersebut.

Diketahui, upacara tersebut dihadiri oleh Bupati Sidoarjo H Ahmad Muhdlor Ali dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Tampak hadir pula, Rais dan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag), dan tamu undangan lainnya.

Baca Juga  Melestarikan Petilasan Orang Shaleh Bagian Sunnah Nabi Saw

Pewarta: Muhammad Al Haykal

Editor: Emzed Ef

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *