Situs Resmi PCNU Kab. Sidoarjo

Proker Pertama BEM FKIP Gelar Seminar Hari Guru

BEM Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas NU Sidoarjo (UNUSIDA) pada Kamis, 29 November 2018 menggelar Seminar Hari Guru Nasional. Kegiatan tersebut menghadirkan 3 narasumber dari disiplin ilmu yang berbeda.

Gubernur BEM FKIP Fuadah menjelaskan, ketiga narasumber yang dihadirkan berasal dari ISNU Sidoarjo Dr. Sholehuddin, Penggerak Rumah Belajar Kelas Maya Pustekom Kemdikbud Indah Nur Tarbiyah, dan wartawan pendidikan Nawawi A. Manan.

“Kami ingin menggali wawasan dari mereka. Selain itu pengalaman mereka sangat penting bagi kami calon guru,” jelas Fuadah.

Paparan pertama dimulai dari Dr. Sholehuddin yang menjelaskan berbagai prospek lulusan guru dari perguruan tinggi NU yang hingga saat ini masih terbuka. Hal itu dapat dilihat dari jumlah lembaga pendidikan naungan NU yang terus berkembang dan jumlahnya semakin bertambah.

Sementara itu Indah Nur Tarbiyah menyampaikan bahwa pada tahun 2011 Pustekom Kemdikbud sudah menciptakan aplikasi yang bisa dimanfaatkan di era milenial, yakni Kelas Maya. Aplikasi tersebut berbasis IT yang bisa di akses melalui website dan aplikasi android.

Sedangkan pemateri ke-3 Nawawi A. Manan memberi paparan tentang pendidikan ala NU yang berbasis pada kearifan lokal dan budaya. Pendidikan tersebut dapat dilihat di pondok pesantren yang hingga saat ini tidak terpengaruh oleh pendidikan barat.

Seminar hari guru tahun ini bertajuk Membangun Karakter Calon Guru di Era Milenial dan diikuti sekitar 500 orang peserta. Kegiatan tersebut merupakan program kerja (proker) pertama BEM FKIP. (Kim)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.