Peringati Hari Pahlawan, MI Miftahul Ulum Balongmacekan Tarik Pawai Kenalkan Pahlawan dari NU

banner 970x250

TARIK, NU DELTA –  Berbagai macam cara Lembaga pendidikan dalam memperingati Hari Pahlawan Nasional 2023 selain melaksanakan upacara bendera. Seperti MI Miftahul Ulum Balongmacekan Tarik Sidoarjo menggelar pawai berkeliling kampung dengan mengenalkan para pahlawan dari NU. Kegiatan ini berlangsung Sabtu (11/11/2023).

Hj Luluk Sriwijayati selaku kepala madrasah mengatakan madrasah yang ia mimpin tidak ingin memperingati hari pahlawan hanya dengan seremonial upacara saja.

“Kami pada hari Jum’at melaksanakan tahlil yang dikhususnya untuk para pahlawan yang telah berjung untuk kemerdekaan Indonesia,” katanya kepada NU Delta.

Ia menuturkan kirim doa adalah tradisi NU yang tidak boleh hilang dan harus dibiasakan sejak anak-anak. Pasalnya orang yang sudah wafat sangat membutuhkan kiriman doa dari yang masih hidup. Maka kirim doa kepada para pahlawan menjadi sangat penting.

“Kemudian hari ini kami pawai mengelilingi desa dengan mengenalkan para pahlawan nasional dari NU. Kami ingin semua elemen masyarakat tau bahwa NU punya andil besar dalam kemerdekaan Indonesia dengan bakti banyaknya tokoh NU yang dianungrahi sebagai pahlawan nasional,”

Luluk bersyukur karena kegiatan ini tidak hanya diminati untuk diikuti siswa, tetapi puluhan wali murid juga turut serta mengikuti pawai hari pahlawan. Ia juga mengapresiasi wali murid dimana telah mensuport anak-anaknya untuk mengikuti pawai dengan baju  pahlawan atau adat dengan sangat menarik.

“Penampilan anak-anak keren sekali. Ada yang memakai baju adat Madura, Papua, Minang. Ada pula yang berpenampilan seperti Bung Tomo, Pangeran Diponegoro. Ini tidak mungkin bisa terlaksana tanpa support wali murid yang luar biasa,” terangnya.

Dengan aneka ragam baju adat, Luluk ingin menyampaikan pesan bahwa jasa besar pahlawan adalah mempersatukan dari sekian banyak adat dan budaya yang ada di Indonesia. Tugas seluruh masyarakat Indonesia saat ini adalah menjaga dan memastikan Indonesia tetap utuh dan bersatu.

Baca Juga  PCNU Sidoarjo Himbau Pilkades serentak 2022 damai dan tenteram

“Persatuan adalah warisan dari para pahlawan. Maka sejak dini siswa harus dikenalkan dan siajak untuk belajar bersama akan petingnya persatuan,” tandasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *