Selamat-Sukses-konfercab-pcnu-sidoarjo
Foto Bersama Setelah Kemenag Buka Sosialisasi

Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) bekerjasama dengan Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kecamatan Candi menjelang awal tahun pelajaran 2022/2023 menggelar kegiatan sosialisasi implementasi kurikulum merdeka. Kegiatan tersebut berpusat di MI Darussalam Sugiwaras Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo, Selasa (21/06/2022) pagi.

“Dengan adanya kegitan sosialisasi implementasi kurikulum merdeka ini kami berharap semua lembaga pendidikan yang berafiliasi dengan NU dapat mengimplementasikan kurikulum merdeka secepatnya,” kata Ketua PC Pergunu Sidoarjo, Mochammad Fuad Nadjib saat dihubungi.

Pria yang juga menjabat kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Diponegoro Walisongo itu menegaskan Pergunu Sidoarjo siap memfasilitasi lembaga pendidikan yang ingin mengadakan kegiatan serupa. Dengan demikian tidak ada dikotomi antara madrasah dan sekolah atau lembaga di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama.

“Alhamdulillah kami sebelumnya juga sudah melaksanakan kegiatan sosialisasi ini di Kecamatan Krembung. Dan di tanggal 28-29 Juni nanti akan diadakan di Kecamatan Wonoayu,” tuturnya.

Alumni Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar, Jombang itu mengaku bessyukur karena setiap kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh Pergunu bersama KKMI selalu mendapat dukungan moril dari Kemenag Sidoarjo.

“Alhamdulillah juga Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo, H Moh Arwaniselalu hadir di dua tempat tersebut. Semoga nanti di Krembung dan kecamatan-kecamatan lain juga hadir,” harapnya.

Menurut Fuad, hadirnya Kepala Kemenag yang juga merupakan ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Candi itu dapat menjadi suntikan semangat bagi para guru untuk mengikuti sosialisasi dengan serius.

Sementara H Moh Arwani dihadapan puluhan guru menyampaikan bahwa di Kemenag sudah diterbitkan Keputusan Mentri Agama (KMA) 347 tahun 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah. Bahwa penerapan kurikulum merdeka di madrasah secara bertahap dimulai pada tahun pajaran 2022/2023.

“Oleh karenanya perlu disosialisasikan secara masif seperti ini agar madrasah segera dapat beradaptasi terhadap konsep pembelajaran berbasis kurikulum merdeka belajar,” ucapnya.

Pewarta : Boy Ardiansyah

Editor : Mustain

By LTN NU Sidoarjo

Media Resmi PCNU Sidoarjo

Leave a Reply

Your email address will not be published.