Berita  

Perayaan 1 Abad Nahdlatul Ulama, Warga Nahdliyin Sampai Penuhi Jalanan Menuju Gelora Delta Sidoarjo

banner 970x250

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah memusatkan peringatan Hari Lahir Satu Abad Nahdlatul Ulama (Harlah 1 Abad NU) di Gelora Delta Sidoarjo, Selasa, (7/02/2023), acara dimulai sejak pukul 00.00 WIB, dengan acara shalawat, lailatul qiroah dan istighotatsah bersama.

Banyak warga nahdliyin dari luar Jawa Timur yang sudah datang jauh-jauh hari. Sementara saat hari-H, warga nahdliyin memadati jalan raya mulai dari GOR mengekor sampai sejauh 2 km dari masing-masing arah.

Sepasang jamaah yang datang dari Trenggalek mengatakan, ia berangkat dari pukul tujuh malam dan sampai di Sidoarjo pukul tujuh pagi, ia mengaku rela tetap datang meski tahu akan terlambat dan berdesakan, “karena momen ini sangat bersejarah, kami belum tentu akan menemui momen seperti ini lagi,” ujarnya.

Tidak hanya suami istri tersebut, banyak peserta yang rela hadir, meski hanya menggelar alas di tempat yang cukup jauh dari lokasi, ada pula yang dengan semangat membawa anak-anak, bahkan banyak yang berjalan kaki dari kota asal demi menghadiri acara sakral yang cukup bersejarah tersebut.

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo sendiri telah menyiapkan beberapa tempat singgah untuk para peserta acara puncak 1 Abad NU di Sidoarjo, bahkan dari Muhammadiyah, Gereja, dan seluruh masyarakat juga turut membantu, demi lancar dan suksesnya acara besar NU tersebut.

Resepsi puncak dihadiri oleh Presiden Jokowi dan ibu negara, serta Wapres KH Ma’ruf Amin dan istri. Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh beberapa tokoh lainnya, seperti Menkopolhukam Mahfud Md, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan tokoh lainnya.

Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menjelakan, acara digelar pada 7 Februari 2023, sementara NU lahir tanggal 31 Januari 1926. Karena penentuan perayaan ulang tahun NU mengikuti tanggal lahir penanggalan Hijriyah, yak 16 Rajab 1344 H.

Baca Juga  Bersama Kemristekdikti Unusida Ubah Cangkang Kerang jadi Makanan Bergizi

Acara puncak satu abad Nahdlatul Ulama tersebut juga akan diisi oleh sejumlah penyanyi yang akan menghibur para Nahdliyyin yang hadir. Addie MS, Rhoma Irama, Slank, serta Maher Zain yang menginginkan hadir di acara bersejarah organisasi Islam terbesar di dunia tersebut, selain nama di atas, juga turut memeriahkan acara, Veve Zulfikar, Worowidowati.

Pewarta: Emzed Ef

Editor: Rizkillah Kiki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *