Berita  

Penyuluh KUA Prambon Adakan Sosialisasi ID Masjid di Desa Kedung Kembar

banner 970x250

PRAMBON – Penyuluh Kantor Urusan Agama (KUA) Prambon, Mochamad Basuki, mengadakan sosialisasi Nomor Identitas Masjid yang dipusatkan di Masjid Al-Mubarok, Dusun Glonggong, Desa Kedung Kembar, Kecamatan Prambon, Selasa (08/11/2022).

Al-Mubarok merupakan masjid utama di dusun Glonggong. Sosialisasi tersebut, disampaikan bersamaan rapat tri-wulan takmir masjid, yang dihadiri 24 jamaah dan pengurus Musholla di wilayah Dusun Glonggong.

“Dalam agenda rapat triwulanan pertama ini , kita membahas evaluasi rutin pengurus Masjid Al-Mubarok, sekaligus sosialisasi ID Masjid dari KUA,” ujar Roy Sugianto, ketua Takmir Masjid Al-Mubarok.

“Dengan adanya ID Masjid/Musholla ini, nantinya akan mempermudah pengajuan dana hibah ke pemerintah. Sementara pengurusan ID tiap-tiap musholla di Dusun Glonggong ini, nanti akan kita lakukan secara kolektif, biar tidak kebingungan ngurus sendiri,” imbuhnya.

Roy Sugianto menambahkan, “yang menjadi kendala dari dulu adalah pengurusan ikrar wakaf yang tersendat-sendat, karena Masjid ini merupakan wakaf dari banyak orang, namun mau bagaimanapun Masjid ini merupakan Masjid NU karena pengurusnya orang-orang NU,” ujar ustadz Misnan, salah satu anggota rapat sekaligus mantan penyuluh KUA asal Desa Kedung Kembar.

Mochamad Basuki, penyuluh KUA sekaligus pengurus LTM NU Prambon menerangkan, “Fungsi ID Masjid merupakan pendataan Masjid dan Mushola, kemudian semua info tentang Masjid dimasukkan aplikasi Sistem Informasi Masjid (SIMAS), dan ID ini dapat digunakan untuk persyaratan dana hibah dari program bupati Sidoarjo.”

Ia pun memberikan solusi pada pengurus Masjid dan Musholla yang hadir, “Persyaratan ID Masjid ini adalah Ikrar wakaf, surat domisili dan surat pernyataan tidak sengketa atas tanah, itu semua kami bantu pengurusannya, apabila belum ada ikrar wakaf, bisa pakai Letter C dan wakifnya cukup perwakilan saja.”

Baca Juga  MWCNU Sukodono Terbaik di Pawai Santri 2019

Pada agenda malam hari itu, turut hadir pengurus Masjid Al Mubarok, Musholla Roudlotul Muttaqien dan Musholla Imamul Muttaqien. Forum itu menjadi forum silaturahim masjid-musholla di dusun Glonggong, Desa Kedung Kembar.

Pewarta: Noven Lukito HS.

Editor: Emzed Ef

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *