Situs Resmi PCNU Kab. Sidoarjo

PCNU Sidoarjo Resmikan Musala di Lombok

PCNU Sidoarjo pada Ahad, 25 November 2018 meresmikan musala di pulau Lombok. Peresmian dilakukan langsung oleh ketua PCNU Sidoarjo K.H. Maskun dengan menandatangani prasasti peresmian dan didampingi jajaran pengurus NU Sidoarjo.

Musala pertama yang diresmikan berada di pondok pesantren Islakhul Anam di Dusun Aek Darek, Lombok Barat. Di tempat tersebut LAZISNU Sidoarjo merekontruksi Musala Ummul Qura yang rusak akibat gempa bumi yang terjadi Agustus lalu. Selain bantuan pembangunan, beberapa logistik juga diserahkan ke K.H. Sobri pengasuh pondok pesantren.

Usai menandatangani prasasti pembangunan, PCNU berharap pondok dan musala digunakan sebagai sarana memperkuat ukhuwah masyarakat lombok dengan NU Sidoarjo. Selain itu juga sebagai media memperluas dahwah Islam ahlussunah wal jamaah di Lombok Tengah.

“Saya berharap musala ini selain untuk ibadah juga menjadi sarana menjalin ukhuwah masyarakat dan memperluas ajaran ahlussunah wal jamaah,” harap K.H. Maskun.

Usai dari Ai Darek, rombongan melanjutkan perjalanan menuju ke daerah Pancor Dau, Lombok Tengah. Di sana jajaran PCNU mengamati langsung hasil renovasi musala yang telah dilaksanakan LAZISNU.

Musala tersebut sempat mengundang perhatian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ia mengunggah foto musala itu saat bangunannya mengalami kerusakan, tetapi masih dipergunakan untuk salat.

Musala di Pancor Dau berbeda dengan musala lainnya, karena letaknya di lereng tebing perkebunan. Musala tersebut dipergunakan salat oleh petani usai beraktifitas di kebun.

Dusun Nusantara, Lombok Utara menjadi destinasi ketiga setelah Pancor Dau. Tujuannya yakni meresmikan musala Al Ikhlas dan melaksanakan peringatan Maulid Nabi bersama warga setempat.

Di sana ketua PCNU menyampaikan kepada masyarakat bahwa pembangunan musala tersebut merupakan hasil donasi warga NU yang disalurkan ke LAZISNU Sidoarjo. Beliau pun mengapresiasi kerja LAZISNU yang menyempatkan waktu di antara kesibukan pribadinya untuk menyalurkan bantuan.

Kehadiran di Dusun Nusantara disambut oleh jajaran Pengurus Wilayah NU NTB dan Civitas Akademik Universitas NU Mataram. (Kim)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.