PCNU Sidoarjo Apresiasi UNUSIDA Siapkan Kader dengan Beasiswa Tahfidz dan Baca Kitab

banner 970x250

SIDOARJO – Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (UNISIDA) menggelar seleksi beasiswa jalur tahfidz dan baca kitab kuning, Rabu (24/08/2022) di Auditorium kampus. Sekretaris PCNU Sidoarjo H Agus Mahbub Ubaidillah yang hadir mewakili Ketua PCNU, mengapresiasi apa yang diprogramkan oleh kampus kebanggaan nahdliyin Sidoarjo tersebut.

“Kami berharap UNUSIDA ke depan makin maju. Oleh karena itu ekspektasi ini harus terus dikawal bersama-sama,” ungkapnya.

Dr. Fatkul Anam selaku rektor mengatakan, beasiswa tahfidz ini dilakukan dalam rangka menyiapkan kader terbaik. Sejatinya program beasiswa tahfidz sudah berjalan 3-4 tahun, Namun baru tahun ini dilakukan secara formal. Disebutkan salah satu alumni dengan beasiswa tahfidz adalah Mushonnif yang saat ini juga menempuh S2, lebih hebatnya ia mengambil program studi teknik kimia yang selama ini dianggap paling sulit.

“Dia yakin ada korelasi antara tahfidz dengan kecerdasan. Kalau menjaga hafalan Al-Qur’an yang sulit saja bisa dilakukan mestinya menguasai materi kuliah lebih bisa dilakukan,” tuturnya.

Tahun ini UNUSIDA selain menyediakan beasiswa eksternal, juga menyediakan beasiswa internal. Tidak kurang dari 20  beasiswa disiapkan untuk empat jalur yaitu tahfidz, baca kitab kuning, penyandang disabilitas, dan dari keluarga tidak mampu yang tidak tercover Kartu Indoneaia Pintar (KIP). Bahkan jika cumlaude akan diberikan beasiswa S2.

“Terima kasih kepada Badan Pelaksana Penyelenggara (BPP) UNUSIDA yang selama ini mendampingi dan mensupport program kampus. Tentu ini tidak lepas dari dukungan dari PCNU Sidoarjo dan PC Muslimat NU Sidoarjo,” tandasnya.

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Sidoarjo, Hj Ainun Jariyah mengatakan, organisasinya berkomitmen mendukung pendidikan di Sidoarjo, mulai dari anak usia dini hingga pendidikan tinggi.

“Kami Muslimat NU Sidoarjo siap memberi satu beasiswa untuk mahasiswa UNUSIDA”, ujar perempuan yang juga anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sidoarjo itu.

Baca Juga  Pemberdayaan UMKM Susu di Desa Sawocangkring Kecamatan Wonoayu

Sebagai tim penguji, UNUSIDA melibatkan jajaran syuriah PCNU dan Jam’iyatul Qurra’ Wal Huffadz (JQH NU) Sidoarjo. Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua BPP Unusida H. Arli Fauzi yang juga Wakil Ketua PCNU, Sekretaris BPP Sholehuddin sekaligus Ketua ISNU Sidoarjo, dan Bendahara BPP yang juga bendahara Muslimat, Hj. Ulfaningsih.

 

Pewarta: Boy Ardiansyah

Editor: Emzed Ef

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *