MTs NU Sidoarjo Gelar Pemilihan OSIS, Digelar Seperti Pemilu, Kandidat Pakai Pakaian Adat Daerah

banner 970x250

SIDOARJO-Ratusan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nahdlatul Ulama (NU) Sidoarjo berpartisipasi untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis), di aula sekolah setempat, Jl Raden Patah, Sidoarjo, Sabtu (1/10/2022).

Pemilihan ketua dan wakil ketua Osis ini digelar mirip penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu). Yakni pemilihan diselenggarakan oleh siswa yang bertugas sebagai Komisi Pemilihan Osis MTs NU Sidoarjo. Para siswa tersebut yang merancang aturan dan tahapan ‘pesta demokrasi’ tingkat pelajar MTs NU Sidoarjo tersebut.

Selain itu, para siswa memilih kandidat yang ada secara langsung, dengan mencoblos kertas suara berisikan gambar foto pasangan calon (paslon) Ketua dan Wakil Ketua Osis, di sebuah bilik suara.

Surat suara lalu dimasukkan oleh siswa ke dalam kotak suara, mirip suasana di Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat coblosan Pemilu. Menariknya, para kandidat hadir di lokasi pemilihan dengan berbusana adat daerah.

Kepala MTs NU Sidoarjo Achmad Fatoni melalui Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, M Sobirin menjelaskan, pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis MTs NU Sidoarjo periode 2022-2023 ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran tentang demokrasi. “Siswa bisa belajar memilih pemimpinnya dengan demokratis,” ungkap Sobirin, Minggu (2/10/2022).

Ada tiga paslon dalam Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis MTs NU Sidoarjo ini. Yakni Azzah Abidah Anandini (kelas VIII-A) sebagai calon ketua dan M Agustian (kelas VIII-B) sebagai calon wakil ketua, dengan nomor urut 1.

Untuk nomor urut 2, yaitu Haidar Zidan (kelas VIII-D) sebagai calon ketua dan Dian Charisa P (kelas VIII-B) sebagai calon wakil ketua. Sedangkan Diana Puspita S ari (kelas VIII-F) sebagai calon ketua, berpasangan dengan Fharadia Nur Aulia (kelas VIII-A) yang bernomor urut 3.

Baca Juga  Rais PCNU Sidoarjo Ikut Khataman Kitab Syaichona Moh Cholil Bangkalan

Dari hasil pencoblosan ini, paslon nomor 1 ditetapkan sebagai Ketua dan Wakil Ketua Osis MTs NU Sidoarjo terpilih, dengan mengantongi 281 suara. Pasangan nomor urut 1 ini memperoleh suara lebih unggul dari paslon nomor urut 2 yang meraup suara 59 dan paslon nomor urut 3, 74 suara. “Suara tidak sah sebanyak 10,” ungkap Sobirin.

Kata Sobirin, selain siswa, para guru dan karyawan MTs NU Sidoarjo juga ikut memberikan hak suara. Jumlah guru dan karyawan yang memilih, sebanyak 41 orang. “Sebelum pencoblosan, calon pemimpin Osis ini telah menyampaikan visi-misinya pada Rabu dan Kamis lalu,” bebernya.

Sobirin pun berharap calon terpilih tersebut bisa membuat MTs NU Sidoarjo lebih maju, melalui kegiatan-kegiatan siswa yang sifatnya positif.

Pewarta: Mustain

Editor: Emzed Ef

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *