MTs Lana Tanggulangin Gelar Study Tour ke Tiga Lokasi, Ini Tujuannya

banner 970x250

TANGGULANGIN – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Lana, Sentul, Tanggulangin, Sidoarjo menggelar pembelajaran luar kelas atau yang biasa dikenal Study Tour, Senin (03/10/2022).

Kegiatan tersebut berlangsung di tiga lokasi secara berturut-turut, yakni PT Amerta Indah Otsuka, Kejayan Pasuruan, Jatim Park I dan ditutup dengan ziarah di makam Mbah Ratu Ayu Bangil. Kegiatan tersebut diikuti sebannyak 38 siswa-siswi dan 14 guru.

Dalam kesempatan tersebut, siswa-siswa diajak untuk belajar sambil berwisata untuk memupuk pengetahuan seluruh peserta didik di luar sekolah.

Kepala MTs Lana, Akhmad Mujayyid menyampaikan, kegiatan study tour ini menjadi ajang untuk mengenalkan dunia luar. Dengan begitu, materi yang disampaikan di sekolah dapat difahami dengan baik dengan memberikan pengalaman baru.

Oleh karena itu, pihaknya telah memberikan tugas khusus bagi siswa-siswi untuk dapat menerapkan materi yang sudah diajarkan selama ini.

Tugas yang dimaksud adalah membuat Karya Tulis Ilmiah (KTI) melalui observasi, wawancara maupun menyiapkan dan mengisi kuisioner yang akan dijadikan bahan laporan penelitian.

“Kami ingin kegiatan study tour ini menjadi kagiatan yang dapat menunjang pembelajaran siswa-siswi di sekolah dengan membuat karya tulis setelah kegiatan tersebut,” harapnya.

Tugas karya tulis ilmiah nantinya menjadi salah satu syarat kenaikan kelas serta manjadi jurnal penelitian yang dapat menjadi rujukan semua orang nantinya.

Menurutnya, melalui Karya Tulis Ilmiah dapat melatih keterampilan bagi siswa-siswi, diantaranya dapat mengembangkan keterampilan membaca yang efektif, melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber, serta mengenalkan dengan kegiatan kepustakaan.

Hal tersebut mendapat respon positif dari petugas Tour Factory PT Amerta Indah Otsuka, Indah Kurniasari. Ia mengatakan, kegiatan study company seperti ini harus berkelanjutan dan tidak selesai begitu saja, agar siswa-siswi dapat mengetahui dan belajar bahwa perusahaan yang besar di mulai dari hal yang kecil dan sebuah ketekunan.

Baca Juga  RSI Siti Hajar Sidoarjo Laksanakan Shalawatan dan Nobar Pildun 2018

“Baru kali ini ada peserta study tour yang sangat aktif dengan memberikan 25 pertanyaan. Karena ternyata pertanyaan itu digunakan untuk penelitian MTs Lana setelah study tour,” ungkapnya.

Indah mengungkapkan, melalui kegiatan study tour seperti ini sangat memberikan banyak saran dan masukan yang baik bagi perusahaan untuk terus berkembang dan berinovasi.

“Terima kasih atas kunjungannya dan PT Amerta Indah Otsuka sebagai objek yang harus diteliti, semoga memberikan saran yang baik bagi perusahaan kami untuk terus mengembangkan Inovasi,” pungkasnya.

Pewarta: Maschan Yusuf

Editor: Mustain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *