Mengenal Budaya Kerja Industri, SMK Diponegoro Kunjungi Pabrik Pocari Sweat

banner 970x250

SIDOARJO – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Diponegoro Sidoarjo mengenalkan budaya kerja dengan melakukan kunjungan industri di PT. Amerta Indah Otsuka yang beralamat di Kec. Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur, Jum’at (16/12/2022) sore.

Menurut Kepala SMK Diponegoro, Mochammad Fuad Nadjib, Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan pengalaman siswa tentang industri, selain itu juga untuk menumbuhkan kepercayaan diri dan semangat dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu juga untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa tentang dunia kerja.

“Kegiatan kunjungan industri ini diadakan setiap tahun, dan termasuk pembelajaran di luar sekolah. Sekarang kembali diadakan setelah sebelumnya vakum, karena ada pandemi covid-19,” terangnya.

“Namun, meski saat ini sudah mereda, kegiatan tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan dan harus sudah melaksanakan vaksin,” imbuhnya.

Menurut informasi, kunjungan pada perusahaan yang memproduksi Pocari Sweat dan Soy Joy tersebut diikuti oleh siswa kelas X SMK Diponegoro.

Siti Aisyah, siswi jurusan Otomatisasi Tata Kelola dan Perkantoran SMK Diponegoro menyampaikan, dirinya senang bisa bertanya dan mendapat jawaban langsung dari bagian office tentang bagaimana proses surat-menyurat di industri.

“Dalam proses surat-menyurat, dari berbagai keperluan, nantinya akan disalurkan kepada divisi-divisi yang menangani. Seperti surat lamaran, surat tersebut akan diteruskan di bagian HRD,”jelasnya berseri-seri.

Lain halnya dengan Nabila Sonia, ia menanyakan tentang program keuangan perusahaan dan proses produksi. Hal ini sesuai dengan jurusannya, yakni Akuntansi dan Keuangan Lembaga.

Ketua panitia kegiatan, Yudisianto Cahyo menjelaskan, maksud kunjungan industri ini, Tujuannya agar siswa tidak hanya belajar di dalam kelas, tapi bisa menambah wawasan tentang dunia usaha dan dunia industri secara langsung.”

Pewarta: Emzed Ef

Editor: Rizqillah

Baca Juga  Semarak Takbir Keliling, IPNU-IPPNU Gempol Saei Ajak Seluruh Ormas Desa Gempolsari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *