MA Nurul Huda Sedati Jadi Madrasah Toleransi Pertama di Bumi Delta

banner 970x250

Madrasah Aliyah (MA) Nurul Huda Sedati, Sidoarjo menggelar deklarasi madrasah toleransi, Rabu, (18/01/2023) di halaman madrasah. Hal ini menjadikan MA Nurul Huda yang pertama dan satu-satunya dideklarasikan sebagai madrasah toleransi di bumi delta. Deklarasi ini merupakan puncak dari program Cinta Budaya Cinta Tanah Air dari Komunitas Seni Budaya BrangWetan yang dilaksanakan sejak tahun 2020.

Ketua Yayasan Pendidikan Islam Nurul Huda, H. Misbahudin, menyampaikan bahwa inti dari toleransi adalah bagaimana saling kenal, saling menghargai, dan menghormati. Dengan demikian dapat menambah nuansa dan perluasan pemikiran serta wawasan, sehingga pikiran kita tidak mengerucut.

“Kita menjadi lebih luas pandangannya, bisa bergaul dan berdampingan dengan sekolah negeri. Bahwasanya MA Nurul Huda sudah merefleksikan madrasah dan pesantren. Kita tidak boleh minder, tunjukkan jati diri kita di era global sekarang ini,” ujarnya.

Hal senada disampaikan oleh Dr. Musta’in selaku Kepala Bakesbangpol Kabupaten Sidoarjo, bahwa salah satu indikator toleransi itu adalah kita punya rasa empati terhadap orang lain tanpa memandang agama atau golongan apapun.

“Kalau ada kecelakaan misalnya, maka kita langsung menolong, tidak bertanya dulu agamanya apa. Itulah toleransi,” tuturnya

Baca Juga  UPZIS LAZISNU Banjarkemantren Akan Launching Kartu Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *