LTMNU Sidarjo Kembali Gelar Pelatihan Sholat Sempurna Bersanad Seperti Tuntunan Nabi Muhammad SAW

banner 970x250

SIDOARJO. Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTM NU) Kabupaten Sidoarjo menggelar kegiatan pelatihan “Sholat Sempurna Bersanad seperti tuntunan Nabi Muhammad SAW” untuk imam dan makmum wilayah Sidoarjo, Ahad (06/11/2022).

Pelatihan tersebut dipusatkan di Masjid Agung Sidoarjo, diikuti oleh perwakiltan setiap pengurus LTM NU di tingkat Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se-Kabupaten Sidoarjo.

Ketua LTMNU Sidoarjo, Ustadz Syamsuddin menyampaikan, pelatihan ini merupakan program kerja LTMNU Sidoarjo. Menurutnya, sholat merupakan ibadah yang menjadi sebuah kebutuhan bagi semua orang Islam. Oleh karena itu, tata cara sholat yang sempurna harus dipahami, agar maksimal dalam mengamalkannya sehari-hari.

“Sebagai pengurus NU, harus menjadi contoh bagi masyarakat dalam hal apapun, khususnya ibadah sholat yang menjadi rutinitas setiap hari. Dengan begitu, kualitas ibadah sholat dapat meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT,” katanya.

Sementara itu, KH. M. Sholeh Qosim beserta Tim Instruktur Nasional memberikan pelatihan sholat sempurna, dengan mengacu pada buku “Tuntunan Sholat seperti Rasulullah SAW” yang diterbitkan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Dalam pelatihan, para peserta diberikan penjelasan tentang tata cara sholat yang sempurna, mulai dari berwudlu dengan baik hingga pelaksanaan sholat sampai selesai. Instruktur memberikan penjelasan materi tahsin dan tata cara sholat sempurna seperti bacaan dan posisi anggota tubuh yang benar ketika menjalankan ibadah sholat, sesuai tuntunan bacaan Al-Qur’an yang benar.

“Dalam sebuah hadits, Sholat ialah ibadah yang menjadi tiang agama. Maka, perlu diasah agar tiang tersebut menjadi kokoh dan dapat menguatkan bangunannya (agamanya),” jelas Kiai yang bergelar Doktor tersebut.

Tak sampai disitu, instruktur juga mengajak seluruh peserta yang hadir untuk mempraktikkan secara bersama; praktik wudlu dan tayamum (bila tidak ada air), hingga semua urutan gerakan sholat, mulai dari niat hingga salam. Hal ini dilakukan untuk memudahkan belajar dan mengingat tata cara sholat yang benar.

Baca Juga  Opening Sport Cup IPNU-IPPNU Prambon, Ketua MWCNU : Ber-NU Adalah Pintu dari Kesuksesan

Para peserta tampak antusias mengikuti pelatihan tersebut dari awal hingga akhir.

Pewarta: Maschan Yusuf

Editor Emzed Ef

Response (1)

  1. AssalamualaikumWrWb..
    Ustadz / ustadzah Bagaimana khabarnya, smoga selalu sukses dan sehat selalu, Aamiinn ,
    Sebelumnya mohon maaf, Kami sudah memngikuti pelatihan sholat sempurna 3x, , tapi belum punya materi yang power point / PDF, seperti yang diberikan pada waktu pembinaan, apa bisa kiriman filenya , untuk membantu kami dan kawan kawan ketika sosialisasi pada para jamaah di bulan suci romadlon ini,
    sekali lagi mohon maaf , jazakumulloh ahsanal jazaa.. Aamiin..
    Wassalamualaikum Wrwb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *