Situs Resmi PCNU Kab. Sidoarjo

LP Ma’arif Sidoarjo targetkan Madrasah dan Sekolah smart untuk bersaing di era Industri dan Digitalisasi

Selamat-Sukses-konfercab-pcnu-sidoarjo
Ketua PC LP Ma’arif Misbakhudin batik biru

KREMBUNG-Dalam rangka Implementasi program “Link and Match” di Dunia Pendidikan dan Dunia Industri serta untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas kompetensi peserta didik dalam bidang hard skill dan soft skill, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Islam Rejeni Krembung melakukan Penandatanganan MoU (Kerjasama) Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra Honda dan Peresmian Lab. Fiber Optik Telkom, Teknik Komputer dan Jaringan yang dipusatkan di Halaman Utama Gedung SMK Islam Rejeni Krembung pada Rabu (21/06/2022) siang.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Sidoarjo H. Ahamd Muhdhor Ali, Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Propinsi Jatim, Ketua PC Lembaga Pendidikan Ma’arif Sidoarjo H. Misbahuddin, Camat Krembung Dana Riawati, Kapolsek dan Ndanramil Krembung, Ketua dan Rois Syuriah MWC NU Krembung, Perwakilan PT. Telkom dan MPM Honda Sidoarjo, Kepala Desa Rejeni, Pengurus Yayasan, dan Keluarga Besar SMK Islam Rejeni Krembung.

Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdhor Ali sangat mengapresiasi atas kerjasama yang dilakukan oleh SMK Islam Rejeni Krembung dengan PT. Telkom dan MPM Honda untuk mencetak lulusan yang siap dengan dunia industri di era 5.0.
“Saya yakin ada prospek kedepan yang cukup besar, tinggal saya saing dan saya jual. Karena saya yakin secara kualitas mereka ini punya kemampuan dan potensi, tinggal link and networking saja,” imbuh Gus Muhdhlor

Gus Muhdhlor sangat yakin dengan kapasitas yang dimiliki oleh peserta didik di SMK untuk bersaing di dunia industri.
“Harapan kami kegiatan ini bukan sekedar Ceremony dan pemberian hibah untuk mengasah diri dan menambah kapasitas saja tapi juga berlanjut penentuan dan penempatan angkatan kerja baru sebagai lulusan SMK, progres ini harus kita kawal bersama,” ucap Gus Muhdhlor.

Sementara Ketua Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Sidoarjo HM Misbahuddin menyatakan bahwa dengan adanya Kerjasama (MoU) SMK Islam Krembung dengan MPM Honda dan PT. Telkom adalah salah satu wujud manifestasi dari program wilayah untuk menjadikan sekolah / madrasah unggulan.
“Program seperti inilah yang terus menerus kita galakkan di sekolah-sekolah di lingkungan Ma’arif NU Sidoarjo, sementara ini dari 35 sekolah SMK Ma’arif di Sidoarjo sudah ada 20% yang sudah melakukan kerjasama dengan perusahaan terkait seperti SMK Islam Rejeni Krembung ini, sehingga outputnya mampu mencetak generasi yang siap dengan dunia industri,” ucap Misbahuddin

Terkait program pendidikan yang menjadi target Misbahuddin bagi sekolah-sekolah di lingkungan Ma’arif mulai MI, SMP, MTs hingga MA/ SMK adalah program digitalisasi. Sehingga lahirlah madrasah digital, madrasah smart.
“Dengan adanya digitalisasi ini nanti mulai guru, siswa, wali murid semua akan bisa melihat hasil dan kegiatan yang terekam langsung di era digitalisasi. Untuk mengimbangi religius itu kita harus mesik di era digital agar tidak ketinggalan zaman,” imbuhnya

Sementara Kepala SMK Islam Rejeni Krembung Rudi Hariyanto menyampaikan bahwa tujuan dari MoU Kerjasama dengan PT Telkom dan HPM Honda adalah untuk meningkatkan kompetensi siswa khususnya dalam merakit sepeda motor dalam menyelaraslakan dan mengintegrasikan kurikulum Dudi dari MPM Honda dengan Kurikulum Merdeka sehingga sekolah bisa menata ulang kurikulum yang baku dan lebih fleksibel.
“Harapan kami tidak hanya proses pembelajaran saja baik hard skill maupun soft skill, tapi dunia industri juga memberikan peluang kepada lulusan dari SMK ini , sehingga walaupun belum lulus pun sudah bisa diterima dunia industri sesuai kemampuan dan kapasitas yang dimiliki,” jelasnya

Pewarta : Sutrisno Akbar
Editor : Mustain

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.