Situs Resmi PCNU Kab. Sidoarjo

LKKNU Sidoarjo Siapkan Fasilitator, Wujudkan Keluarga Maslahah NU

Selamat-Sukses-konfercab-pcnu-sidoarjo
Rais Syuriyah PCNU Sidoarjo, KH R Abdus Salam Mudjib saat membuka acara. (Foto : Boy/LTNNU)

SIDOARJO-Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo menggelar acara Training Of Trainer (TOT) Keluarga Maslahah NU. Acara ini mengangkat tema  ‘Mewujudkan Keluarga Maslahah Melalui LKKNU’.

Acara yang dilaksanakan di meeting room PCNU Sabtu (18/06/2022) tersebut, menghadirkan wakil Rais Syuriyah PCNU Sidoarjo, Dr. KH Sholeh Qosim sebagai narasumber utama, untuk menyampaikan materi tentang keluarga maslahah NU. Sebagai peserta, tampak hadir pewakilan dari Muslimat NU dan Fatayat NU.

“Membina kemaslahatan keluarga itu, salah satunya dengan menanamkan akidah, ketaqwaan dan budaya Nahdliyyin. termasuk merencanakan perkawinan dengan komitmen yang kokoh, cinta kasih, santun serta adab,” katanya.

Lebih lanjut, kiai yang merupakan aktivis LKKNU Jawa Timur di  tahun 1993 – 2000 itu, menguraikan berbagai dinamika perkawinan, dimana pasangan harus bisa menghadapi, mengatasi masalah dan mengendalikan bahtera rumah tangganya.

“Suami haruslah berusaha sedapat mungkin memenuhi kebutuhan keluarga, meliputi sandang, pangan, papan, kesehatan dan pendidikan,” lanjutnya.

Menurut kiai kelahiran Mojokerto 56 tahun silam tersebut, generasi yang berkualitas, harus memiliki dasar ilmu agama, moralitas, dan kejujuran. Sementara ketahanan keluarga dapat ditentukan dari kemampuan mengelola sumberdaya dan kemampuan menyelesaikan masalah yang dihadapi.

“Mengelola konflik keluarga dengan berdiskusi untuk damai dan melihat sudut pandang yang berbeda untuk kembali rukun,” tandasnya.

Dalam acara tersebut, Ketua PC LKKNU Sidoarjo H Nor Ibadi menerangkan bahwa Bimtek TOT Keluarga Maslahah NU, digelar untuk memberi bimbingan atau pembinaan keluarga atau masyarakat,

“Dengan adanya bimtek ini, masyarakat diharapkan memiliki kesadaran dalam menjalin hubungan antar keluarga, serta memiliki rasa tanggung jawab dalam setiap aspek kehidupan manusia, yang meliputi lingkungan, sosial, ekonomi, kesehatan dan pembangunan bangsa” ujarnya

Kegiatan ini dihadiri oleh Rais Syuriyah PCNU Sidoarjo KH. R. Abdus Salam Mudjib, Ketua Tanfidziah KH. Zaenal Abidin, Sekretaris PCNU H Agus Mahbub Ubaidillah, dan beberapa tokoh NU lainnya.

Pewarta : Boy Ardiansyah

Editor : Emzed Ef

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.