Berita  

Lembaga Falakiyah NU Sidoarjo Gelar Sekolah Hisab Rukyah Angkatan IV

banner 970x250
Sekolah Hisab dan Rukyah Lemabaga Falakiyah PCNU Sidoarjo

Lembaga Fafakiyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (LF PCNU) Sidoarjo membuka sekolah hisab rukyah Angkatan ke IV pada Ahad (17/07/2022) di kantor PCNU Sidoarjo dengan diikuti seratus peserta yang berasal dari berbagai daerah seperti Gresik, Mojokerto, Pasuraan dan lain-lain.

Muchmmad Qolbir Rohman selaku sekretaris LF PCNU Sidoarjo menyampaikan tujuan lembaganya mengggelar acara tersebut guna mencari kader dalam ilmu falak. Dimana ilmu ini saat ini semakin kurang diminati oleh masyarakat .

“Dari kader-kader sekolah ini diharapkan seluruh MWCNU di Kabupaten Sidoarjo memiliki Lembaga Falakiyah di masing-masing kecamatan secara merata. Saat ini baru dua MWCNU yang telah memiliki lembaga falakiyah. Yakni Waru dan Sidoarjo,” katanya saat dihubungi Selasa (19/07/2022) sore.

Sekolah hisab rukyah  ini juga untuk mengetahui perkembangan ilmu hisab mulai dari hisab tradisional hingga kontemporer dan bisa membuktikannya. Serta memaparkan kriteria imkanur rukyat yang terbaru.

“Dengan mengikuti kegiatan ini peserta bisa mengetahui cara menentukan kiblat baik dengan kompas maupun dengan matahari (roshdul kiblat),” ucapnya.

Peserta juga bisa mengetahui cara  atau proses hisab terjadinya awal waktu shalat, awal bulan, terjadinya gerhana matahari, dan gerhana bulan serta bisa membuktikannya. Mengetahui kriteria imkanur rukyat yang digunakan NU, Muhammadiyah dan pemerintah serta memahami hisab tradisional hingga kontemporer dan bisa membuktikannya adalah manfaat mengikuti sekolah hisab rukyah.

Baca Juga  Halal Bihalal Fatayat NU, Katib PCNU Sidoarjo Ingatkan Perpecahan Sebab Lemahnya Organisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *