Lebaran bersama Muhammadiyah dan NU

banner 970x250

Oleh : Ahmad Inung, Anggota Lakpesdam PBNU

Saya baru saja mendapat kiriman informasi bahwa Pesantren Miftahul Huda, Gading Pesantren, Malang, menetapkan 1 Syawal jatuh pada Jum’at, 21 April 2023. Berarti Pesantren Gading Malang (begitu biasa disebut) akan melaksanakan shalat _Id_ bareng dengan kawan-kawan Muhammadiyah.

Apakah Pesantren Gading Muhammadiyah? Pesantren Gading adalah salah satu pesantren dengan ke-NU-an 24 karat.

Saat kuliah S1, saya nyantri di pondok ini. Memang, salah satu kekuatan pondok ini adalah dalam bidang _falak_. Sejak dulu hingga kini, pesantren ini menggunakan metode _hisab_ untuk menentukan 1 Syawal.

Apakah hanya karena _hisab_ kemudian pesantren ini dicoret dari daftat pesantren NU? Sekedar informasi, salah satu ustadh pesantren Gading yang jago di bidang falak adalah Ust. Ali Murtadho _(Allah yarham_). Ustadh Ali Murtadho adalah salah satu pendiri dan pengasuh Pesantren Sabilur Rosyad, bersama dengan KH. Marzuki Mustamar. KH Marzuki Mustamar adalah Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Timur masa khidmat 2018-2023.

Terjadi beberapa kali di mana Pesantren Gading merayakan Lebaran berbeda dengan yang diputuskan pemerintah. Apakah terjadi kegaduhan dengan masyarakat sekitar? Selama saya menjadi santri dulu sampai sekarang tidak pernah mendengar ada peristiwa kegaduhan apapun, baik dengan alasan sosial maupun agama. Semua berjalan baik-baik saja.

Baca Juga  Kontestasi Pro dan Kontra Ucapan Selamat Natal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *