Situs Resmi PCNU Kab. Sidoarjo

LPBHNU Sidoarjo Gelar Pendidikan Paralegal

Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum Nahdlatul Ulama (LPBHNU) PCNU Sidoarjo pada Sabtu, 27 Oktober 2018 menggelar Pendidikan dan Pelatihan Paralegal di Aula PC LP Maarif Sidoarjo. Sekitar 50 orang perwakilan MWCNU, Badan Otonom NU, dan beberapa orang pengurus NU Cabang ikut dalam kegiatan itu.

Ketua LBHNU Cabang Sidoarjo H. Makin Rahmat menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membekali aktifis NU tentang hukum dasar yang berhubungan dengan hak asasi manusia. Hal itu bermanfaat untuk mencari solusi dan strategi dalam penyelesaian kasus hukum.

“Ini masih pendidikan dasar untuk memberi wawasan tentang hukum dan prilaku sadar hukum,” jelas Makin.

Makin menambahkan, peserta juga diberi ketrampilan dalam melakukan advokasi. Selain itu, mereka diberi bekal dalam membentuk jaringan antar paralegal lintas sektor untuk menjadi penolong pertama pada kasus hukum yang dihadapi masyarakat.

Narasumber kegiatan itu berasal dari pengadilan, kajaksaan, kepolisian, dan pemkab Sidoarjo. Mereka memaparkan beberapa materi di antaranya kewenangan kepolisian dalam penegakan hukum, kewenangan kejaksaan dalam penuntutan, mengenal lembaga peradilan dan kewenangannya, bagaimana mengakses dana bantuan hukum bagi masyarakat miskin, dan strategi serta taktik pendampingan kasus.

Kegiatan tersebut merupakan yang pertama kalinya digelar PC LPBHNU Sidoarjo. Rencananya akan ada kegiatan lanjutan karena kegiatan kali ini masih tahap awal. (Ham)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.