LAZISNU Sidoarjo Gelar Ngopi Satukan Persepsi, Administrasi dan Eksekusi Program

banner 970x250

TANGGULANGIN – Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat  Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Sidoarjo menggelar acara NGOPI (Ngobrol Filantropi) tentang Administrasi dan Pelaporan Keuangan NUCARE LAZISNU se-Kabupaten Sidoarjo.

Acara yang menghadirkan Ketua, Sekretaris dan Bendahara Unit Pengelola Zakat Infaq dan Shodaqoh (UPZIS) LAZISNU Kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo tersebut dipusatkan di Gedung Majelis Wakil Cabang  Nahdlatul Ulama (MWC NU) Tanggulangin, Minggu (28/08/2022).

Hadir dalam forum tersebut selain jajaran pengurus cabang adalah Pembina LAZISNU Sidoarjo H. Zainal Hayat, Rois Syuriah dan Ketua MWC NU Tanggulangin beserta seluruh Badan Otonom (Banom) selaku tuan rumah dalam acara Ngopi Bareng NUCARE UPZIS LAZISNU Sidoarjo. 

Ketua NUCARE LAZISNU Sidoarjo Abdul Mujib Chusnan Ali mengatakan kegiatan tersebut merupakan pertama kali digelar sebagai bentuk implementasi dari program kerja usai dilaksanakannya Pelantikan dan Rapat Kerja 1 NUCARE LAZISNU Sidoarjo beberapa bulan yang lalu.

“Ini adalah salah bentuk silaturahmi yang terjadwal dari cabang untuk menyapa secara langsung seperti halnya turun ke bawah (Turba). Dalam kegiatan ini nantinya kita akan membahas tentang berbagai hal sesuai tema yang ditentukan oleh teman-teman Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Pelatihan,” ujar Gus Mujib, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut putra mantan Ketua PCNU Gresik KH Chusnan Ali tersebut menjelaskan, banyak hal yang perlu dibahas dalam Ngobrol Filantropi tersebut, mulai dari administrasi dan pelaporan keuangan hingga masalah sosial keummatan.

“Memang sengaja kita sebut acaranya adalah NGOPI (Ngobrol Filantropi) bareng. Berarti kita berbicara tentang kemanusiaan,  mencintai sesama manusia serta nilai kepedulian terhadap sesama, karena LAZISNU ini berhubungan dengan sosial kemanusiaan,” imbuhnya.

Sementara Koordinator Divisi SDM dan Pelatihan PC LAZISNU Sidoarjo Mohammad Imron Fakhruddin kepada nusidoarjo.or.id menjelaskan, kegiatan NGOPI ini akan dilaksanakan setiap tiga bulan sekali bergilir dimasing-masing UPZIS kecamatan.

Baca Juga  Kiai Zainal Abidin : Pengurus NU Kok Purikan, Ga Bahaya Ta?

“Ini adalah pertama kali, maka tadi sudah dilakukan kesepakatan bersama terkait jadwal, tema, tempat dan waktu, serta hal-hal teknis agar bisa diterima oleh semua dengan harapan kegiatan ini bisa istiqamah berjalan dengan komitmen agar bisa dilakukan dengan konsisten demi mewujudkan LAZISNU Sidoarjo yang lebih baik dalam kebersamaan,” ujar Fachrudin sapaan akrabnya.

Diakhir acara NGOPI juga ada penyerahan secara simbolis 100 Voucher Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru senilai tiga ratus ribu rupiah dari Kepala Bagian (Kabag) Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Nahdlatul Ulama’ Sidoarjo (UNUSIDA) Achmad Wahyudi yang juga Ketua UPZIS LAZISNU Krembung kepada Ketua PC LAZISNU Sidoarjo Abdul Mujib. 

Achmad Wahyudi menuturkan bahwa hal tersebut merupakan salah satu bentuk kerjasama di bidang sosial pendidikan yang dilaksanakan oleh UNUSIDA dan LAZISNU Sidoarjo dalam mempertahankan pendidikan bagi kader muda NU.

“Untuk penerimanya kami serahkan sepenuhnya kepada LAZISNU Cabang. Bisa saja dari kaum duafa atau anak yatim yang belum bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, atau kader muda NU yang kurang mampu secara ekonomi” papar Wahyudi yang juga Ketua JPZIS LAZISNU UNUSIDA.

Pewarta: Sutrisno Akbar

Editor: Mustain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *