Situs Resmi PCNU Kab. Sidoarjo

Lantik unit kerja, LTN NU telusuri karya para ulama yang hilang

Selamat-Sukses-konfercab-pcnu-sidoarjo
KH Muhammad Hasan Ubaidillah, Wakil Sekretaris PWNU saat memberikan sambutan

Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Ta’lif wan-Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Jawa Timur, mengadakan acara Halal Bihalal dan Pelantikan Pengurus Unit Kerja PW LTNNU Jawa Timur, Sabtu Pagi (04/06/2022).

Kegiatan yang menghadirkan Pengurus Cabang (PC) LTN NU Se-Jawa Timur tersebut bertempat di Aula KH M Hasyim Asy’ari, Kantor PWNU Jawa Timur di Surabaya.

Diantara unit kerja yang dilantik adalah unit Aspirasi (Asosiasi Peneliti Islam Nusantara), Unit AsbitNU (Asosiasi Penerbit NU), dan Lajnah Turoth an-Nahdliyah, serta tiga unit yang lain.

Unit kerja yang disebut terakhir tersebut menjadi bahasan menarik, seperti disampaikan oleh Gus Kholid Murtadlo, wakil ketua PW LTN NU “kita sepatutnya resah, karena banyak kitab karangan ulama’ yang tidak terawat, tinggal sedikit, dan hampir punah.”

“bahkan ada yang sulit untuk ditemukan, seperti karya Syaikh Nawawi al-Bantany, karya Hadrotus Syaikh M Hasyim Asy’ari, Syaikhona Kholil Bangkalan, Syaikh Mahfudz at-turmusy. Berapa yang masih bisa kita baca sampai hari ini?” Ulas Gus Kholid.

Senada dengan Gus Kholid, KH Muhammad Hasan Ubaidillah, Wakil Sekretaris PWNU Jawa Timur menyampaikan pentingnya menelusuri keberadaan karya ulama’ dan membangkitkan kembali budaya literasi santri.

“Ada kalangan yang menyangkal keberadaan Walisongo, hanya sebab tidak mengetahui atau menemukan karya tulisan para wali tersebut. Padahal keberadaan kerajaan Demak, Pajang, bahkan Mataram Islam tidak lepas dari andil Walisongo,” ungkap Kyai Hasan.

“Maka tugas LTN NU saat ini adalah melacak, memetakan, dan menggali karya peninggalan ulama-ulama kita terdahulu, untuk selanjutnya untuk kita lestarikan,” pungkas Kyai Hasan.

Menyambung sinergi yang diharapkan LTN NU Jawa Timur, Pengurus Cabang LTN NU Sidoarjo pun mempunyai divisi literasi, yang saat ini juga sedang menelusuri manuskrip karya para ulama yang berada di Sidoarjo, sebagaimana diutarakan oleh M Zaimil Fanani, Ketua PC LTN NU Sidoarjo yang juga menghadiri acara tersebut.

(Redaksi)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.