Kunjungi Ponpes Modern Al Amanah Sidoarjo, Sandiaga Uno Main Basket Hingga Berpantun

banner 970x250

KRIAN – Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI mengunjungi Pondok Pesantren Modern Al Amanah Junwangi Jum’at (02/09/2022). Pada kunjungan tersebut pria yang menjabat menteri sejak 23 Desember 2020 lalu itu sempat bermain bola basket dengan para santri.

Untuk menyemangati dan memotivasi para santri, menteri yang pernah mendapat beasiswa S2 George Washington University Amerika Serikat tahun 1992 tersebut membaca puisi yang ia karang.

“Kloneng-kloneng datang ke Pesantren Modern Al Amanah Junwangi. Untuk wisata religi sekaligus healing dengan nuansa yang asri. Jadilah santri digitalpreneur yang berdaya saing tinggi, agar siap hadapi masa depan dengan percaya diri,” ujar menteri peraih IPK 4,0 di bidang master of business administration itu berpantun, dan disambut teriakan santri ‘cakep’.

Sandi senang dapat hadir tepat di 30 tahun berdirinya pesantren yang diasuh oleh KH Nurcholis Misbah tersebut. Di hadapan para santri, ia mengatakan saat ini telah masuk era digital atau sering disebut  era revolusi industri 4.0 yang menghasilkan banyak konten di berbagai dunia maya.

“Sekarang saya tanya, konten di TV, radio dan di media sosial lebih banyak yang Islami atau tidak?” tanyanya dan dijawab tidak oleh para santri.

Oleh karena itu, santri digitalprenuer harus hadir dengan para mentor untuk menginspirasi agar melek digital. Karena dunia digital ini adalah sebuah keniscayaan. Diharapkan ke depan santri bukan hanya mencari kerja tapi juga menciptakan lapangan kerja.

“Ruang digital ini harus dimanfaatkan dengan baik. Ada 28 ribu  pesantren dan 5 juta santri. Ini adalah aset, bayangkan 10 persen dari 5 juta santri berarti sekitar 500 ribu mencipatakn 10 konten per minggu. Berarti ada 5 juta konten yang lebih Islami, menginspirasi, mendorong semangat siddiq, amanah, fatonah dan tablig, ” ujarnya.

Baca Juga  Ketua MWCNU Prambon Ikuti Baksos Cukur Gratis PP Riyadhul Jannah

Dengan 5 juta konten santri akan memastikan konten yang tersebar adalah konten Islam rahmatanlilalamin yang akan menjadikan Indonesia maju, adil dan makmur,” tandasnya.

Sandiaga Uno pada kunjungan ini juga meresmikan pendopo wali songo dengan didampingi Wakil Bupati Sidoarjo H Subandi dan segenap pengasuh pesantren.

Pewarta: Boy Ardiansyah

Editor: Emzed Ef

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *