SMK Diponegoro Sidoarjo Gelar Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) tahun 2022

banner 970x250

SIDOARJO – Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) merupakan kegiatan melatih sekaligus menerima calon tamu ambalan yang berpangkalan di Gugus Depan. Sesuai dengan program kerja, Gugus Depan 01.195 – 01.196 pangkalan SMK DIPONEGORO SIDOARJO menyelenggarakan PTA pada Sabtu (10/9) hingga Minggu (11/9) di lingkungan SMK Diponegoro Sidoarjo.

Acara ini diikuti oleh calon tamu ambalan yaitu seluruh siswa kelas X SMK Diponegoro Sidoarjo dan dipandu oleh Dewan Ambalan SMK Diponegoro. Menurut Wakil Kepala SMK bidang Kesiswaan, Awwaludin Mahendra, tujuan PTA adalah sebagai salah satu kegiatan melatih siswa agar bisa kreatif dan inovatif.

”Yang menjadi sasaran dalam kegiatan PTA ini adalah siswa baru SMK Diponegoro Sidoarjo kelas X agar menjadi siswa yang lebih kreatif, inovatif, aktif dan tangkas,” ungkap keponakan Ketua PCNU Sidoarjo ini.

PTA diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin Kepala SMK Diponegoro, Mochammad Fuad Nadjib yang juga sebagai Kamabigus. Dalam amanatnya ia menyampaikan tujuan PTA adalah sebagai salah satu kegiatan untuk menanamkan kedisiplinan dan pembentukan karakter kepemimpinan bagi siswa.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Sangga Kerja yang dengan baik menyiapkan penerimaan tamu ambalan ini, juga kepada adik-adik calon tamu yang telah mengikuti rangkaian kegiatan dengan semangat dan disiplin. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan kedisiplinan dan pembentukan karakter, sehingga ke depan, adik-adik bisa menjadi calon-calon pemimpin yang baik,” ungkap Nadjib yang juga menjabt ketua PC PERGUNU Sidoarjo ini.

Ia juga menyampaikan, PTA dilaksanakan untuk mengukuhkan calon tamu ambalan menjadi anggota ambalan Gugus Depan 01.195 – 01.196 pangkalan SMK Diponegoro Sidoarjo.

“Dulu sebelum masuk di Pangkalan, adik-adik berstatus sebagai Penggalang. Masa peralihan Penggalang ke Penegak disebut sebagai Calon Tamu. Belum menjadi tamu, belum menjadi anggota. Oleh karena itu, PTA perlu dilaksanakan untuk mengukuhkan Tamu Ambalan menjadi anggota Ambalan,” terang pemuda yang juga menjadi Kepala Madrasah Diniyah al-Maidah ini.

Baca Juga  Semarak Bulan Kemerdekaan, Puluhan Santri Baitul Makmur Jalan Sehat Kelilingi Kampung

Rangkaian kegiatan dimulai dari Sabtu (10/9) yaitu registrasi pukul 13.00 WIB, upacara pembukaan, Salat Asar berjamaah, materi bivak dan survival, jelajah malam, dan pengukuhan. Dilanjutkan Ahad (11/9) dengan diawali Salat Tahajud, Salat Subuh dan kultum, olahraga, praktek survival, materi mountenering, bersih lingkungan, dan ditutup dengan upacara penutupan pada pukul 09.30 WIB. Setelah PTA selesai dilaksanakan, siswa kelas X SMK Diponegoro Sidoarjo resmi diterima menjadi anggota ambalan.

Pewarta: Muhammad al Haykal

Editor: Emzed Ef

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *