Kepala MI Ma’arif Ketegan Bagikan Praktik Baik Penerapan IKM

banner 970x250

SIDOARJO – Kepala Madrasah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif Ketegan Tanggulangin, Umi Salamah berbagi praktek baik pada acara peluncuran Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang digelar oleh Kementrian Agama (Kemenag) Jatim dan Inovasi. Kegiatan tersebut berlangsung di Surabaya Senin-Selasa (19-20/06/2023).

“Ini tips untuk madrasah yang tahun depan melaksanakan kurikulum merdeka. Yang pertama kami melakukan pengenalan dengan mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas ataupun swasta. Hal ini agar semua guru mendalami IKM dengan baik” katanya.

Umi menyebutkan kendala lembaganya saat pertama menerapkan IKM adalah tidak bisa mengakses PMM. Mau tidak mau ia mencari sendiri dari berbagai sumber. Sampai pada satu titik menemukan panduan IKM kemudian membaca dan menelaah secara perlahan serta bertanya jika menemukan hal-hal yang sulit.

“Ini karena kami ingin bisa menerapkan IKM dengan baik. Terlebih lembaga kami adalah piloting IKM, jadi ada sebuah tuntutan bagaimana kami bisa menerapkan IKM dengan baik,” ujarnya.

Untuk mempersiapkan IKM, Umi membentuk tim untuk mensupport IKM. Kemudian menyusun Kurikulum Oprasional Madrasah (KOM). Selanjutnya melakukan sosialisasi bagaimana membuat ATP, modul ajar, modul proyek, pembelajaran berdiferensiasi.

Baca Juga  PAC GP Ansor Krembung adakan Banser Ansor Traveling and Adventure

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *