Di RAKORNAS LPBI PBNU Depok, LPBI NU Sidoarjo Bawa 6 Isu

banner 970x250

SIDOARJO – Pengurus Cabang (PC) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) PBNU telah menggelar Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) di Yayasan Islam Al Hamidiyah, Depok Jawa Barat, (2-4 Mei 2023). Menurut H. Samsul, ketua PC LPBI NU Sidoarjo meskipun selama ini dikenal sebagai Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) keagamaan, namun NU cukup concern dengan isu lain yang ada ditengah masyarakat termasuk isu lingkungan dan dampak perubahan iklim global.

Apalagi Sidoarjo yang menurut Kaji Samsul panggilan akrabnya adalah daerah yang notabene diapit oleh 2 sungai besar yaitu Sungai Kalimas yang berbatasan dengan Surabaya dan sungai Porong yang berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan yang memiliki potensi banjir belum lagi sampah yang dibuang oleh warga di sepanjang aliran 2 sungai tersebut.

“Terhadap isu lingkungan, pergerakan dari LPBI NU tentunya merupakan hal yang sangat diharapkan oleh masyarakat yang notabene adalah lembaga yaang mempunyai bidang garap seputar lingkungan dan perubahan iklim,” ungkapnya.

LPBI NU Sidoarjo membawa 6 usulan isu lingkungan ke Rakornas Depok yang telah dilaksanakan tanggal 2-4 mei 2023.

Keenam isu ini, menurut ketua LPBI NU Sidoarjo , H Samsul sangat penting dibahas dan nantinya akan dicarikan solusinya dalam skala nasional, untuk bisa prioritaskan di Kabupaten Sidoarjo dengan baik. Tentunya isu-isu yang akan dibahas ini memerlukan koordinasi dengan beberapa lembaga yang ada ditubuh NU sendiri, lembaga pemerintahan maupun non-pemerintahan.

Baca Juga  Kemenag Sidoarjo Gandeng PCNU Untuk Program Bina Keluarga Sakinah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *