Situs Resmi PCNU Kab. Sidoarjo

Di Keper, Kiai Sholeh Ajarkan cara Memakmurkan Masjid

Usai memberikan materi Dr. K.H. M. Sholeh Qosim, M.Si memberikan buku-buku karyanya kepada peserta.

Dalam rangka penguatan kelembagaan, Takmir Masjid Ibrahim Babus Salam Desa Keper, Kecamatan Krembung mengundang Dr. K.H. M. Sholeh Qosim, M.Si untuk mengajarkan strategi memakmurkan masjid.

Selama kurang lebih 3 jam usai salat jamaah maghrib kegiatan itu berlangsung pada Selasa, 21 Januari 2020.

Dalam paparannya Kiai Sholeh sapaannya, memulai dengan materi sejarah Masjid di era Rasulullah hingga para wali di nusantara. Selain sebagai tempat ibadah masjid-masjid itu juga digunakan untuk tempat membangun peradaban.

Kiai Sholeh juga menjelaskan bahwa sebagai takmir masjid harus memahami karakter jamaah dan mengerti tentang fungsi masjid yang sebenarnya. Karena dasar kepemimpinan pengurus takmir masjid adalah pengemban amanah dan partisipasi, bukan perolehan kekuasan.

“Kriteria pemimpin takmir harus mempunyai kemampuan dan kuat aqidahnya,” jelas Kiai Sholeh.

Selain itu menjadi panutan masyarakat, dapat mempersatukan umat, menghidupkan semangat musyawarah, dan dapat memberdayakan potensi jamaah.

Penulis buku best seller Tuntunan Shalat Sempurna seperti Rasulullah SAW itu juga menguraikan tentang 7 aksi program memakmurkan masjid. Program-program itu yakni:

1. Sebagai tempat gerakan pemeliharaan aqidah ummat Islam ahlusunnah wal jamaah.

2. Sebagai tempat gerakan pelayanan kesehatan ummat.

3. Sebagai tempat gerakan peningkatan SDM jamaah masjid di bidang keilmuan dan keterampilan.

4. Sebagai pusat gerakan pemberdayaan ekonomi umat.

5. Sebagai pusat gerakan dakwah mengajak dan menyadarkan orang Islam yang belum menjalankan syariat dan dakwah untuk nonmuslim sebagai tempat kembali kepada Allah.

6. Sebagai pusat gerakan kepedulian sosial.

7. Sebagai tempat berdoa dan mendoakan orang yang telah wafat.

Sebelum mengakhiri materi Kiai Sholeh juga membagikan buku Pedoman Praktis Manajemen dan Pemberdayaan Takmir Masjid NU kepada seluruh jamaah yang hadir.

Selain itu beliau juga membagikan beberapa buku karyanya yang lain seperti Aswaja NU & Firqah dalam Islam; Risalah Bilal; Tuntunan Praktis Bilal, Khotib, dan Imam Sholat Jumat; Himpunan singkat tentang Zakat, Amil Zakat LAZISNU; Risalah Sholat Tarawih dan Witir; Bimbingan Imam dan Makmum dalam Sholat Berjamaah; serta Tawassul Istighosah. (Tris)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.