Situs Resmi PCNU Kab. Sidoarjo

Dalam 2 Hari, NU Sidoarjo Kumpulkan 18 Juta untuk Korban Semeru.

Selamat-Sukses-konfercab-pcnu-sidoarjo
Erupsi gunung Semeru

NU Care Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Sidoarjo memberikan bantuan bagi korban terdampak erupsi gunung Semeru di Lumajang.

Wakil koordinator NU Sidoarjo Peduli Ustaz Luqman Hakim mengatakan bahwa pihaknya memberikan bantuan berupa uang tunai dan natura. “Pagi ini kami mengirimkan bantuan uang sejumlah 17 juta untuk saudara-saudara kita erupsi Semeru,” katanya, dilansir dari NU Online Jatim pada Ahad, 5 Desember 2021.

Ia menambahkan, ada 10 orang relawan NU Sidoarjo Peduli yang berangkat ke lokasi bencana. Mereka terdiri dari unsur NU Care-LAZISNU, Banser Tanggap Bencana (Bagana), mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida), dan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Candi.  

“Kami berangkat dari kantor PCNU Sidoarjo pukul 11.00 WIB dan tiba di tujuan pertama Posko MWCNU Candipuro Kabupaten Lumajang pukul 14.00 WIB. Bantuan dari NU Peduli Sidoarjo diterima langsung Ketua MWCNU Candipuro Ustaz Ibnu dan ketua LAZISNU MWC Candipuro Ustaz Usman,” ungkap Luqman.

Ia menambahkan, usai menyerahkan bantuan tim NU Peduli Sidoarjo melanjutkan perjalanan menuju posko ranting Nahdlatul Ulama (NU) Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro.

Desa Sumber Wuluh merupakan desa yang diterjang awan panas Semeru. Kondisi desa tersebut terlihat sangat memprihatinkan.

Cuaca mendung disertai hujan rintik menemani tim selama di Sumber Wuluh. Tim NU Peduli Sidoarjo juga mengunjungi langsung para korban yang berada di tempat pengungsian, yakni di Balai Desa Sumber Wuluh. Di tempat itulah bantuan diserahkan secara langsung.

Usai menyerahkan bantuan, Satkoryon Banser setempat mengajak tim menyaksikan kondisi rumah warga yang tersapu abu vulkanik yang lokasinya berjarak sekitar 2 Kilometer dari posko ranting NU.

Desa Sumber Wuluh berjarak hanya kurang lebih 10 Kilometer dari puncak Gunung Semeru. Kondisi saat ini, para pengungsi membutuhkan bantuan berupa sembako, sabun, dan selimut.

“Kami berharap sedikit bantuan tersebut bermanfaat bagi warga terdampak bencana. NU Sidoarjo Peduli sudah menggalang donasi sesaat setelah menerima kabar Semeru erupsi. Baru dua hari open donasi sudah memperoleh 18 jutaan dan semoga terus bertambah, mengingat masih banyak kebutuhan lainnya yang diperlukan oleh warga korban bencana,” pungkas Luqman.

Sebagaimana diketahui bahwa gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu 04 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB dan mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, permukiman warga yang rusak, dan hancurnya infrastruktur serta fasilitas umum lainnya.

NU Sidoarjo Peduli saat menyalurkan bantuan.
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.