BP3 Aset NU Sidoarjo Urai Problem Umat Melalui FGD

banner 970x250

SIDOARJO – Pengurus Cabang Badan Pengelola, Pengembangan dan Penyelamatan Aset Nahdlatul Ulama (PC BP3Aset NU) Sidoarjo menggelar FGD (Focus Group Discussion) bersama BPN (Badan Pertanahan Nasional), BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah), dan DPRD Sidoarjo di ruang rapat Kantor PCNU Sidoarjo, Selasa (11/10/2022). FGD dibuka oleh Ketua PCNU Sidoarjo KH Zainal Abidin.

Menurut Keterangan Slamet Budiono, Ketua BP3Aset NU Sidoarjo, FGD bertema “Aset NU Di Atas Tanah Negara, Problematika dan Solusinya” tersebut diadakan karena ia menemukan banyak aset milik NU yang didirikan di atas tanah negara atau tanah desa, terutama bangunan tempat ibadah dan pendidikan.

Ia menjelaskan, “orang zaman dulu itu melakukan perjanjian atas dasar saling percaya, dan menggunakan asas kemanfaatan, maka tidak heran banyak administrasi pendirian bangunan Masjid dan Musholla tidak lengkap, mereka berfikirnya, yang penting bermanfaat untuk orang banyak,“ sahut mantan Ketua GP Ansor Sidoarjo tersebut.

“Bahkan di Jabon, ada bangunan MTs/MA yang berdiri di atas tanah wilayah sungai Brantas Saya khawatir apabila ini tidak segera kita selesaikan, kita carikan solusi, akan terjadi persoalan di kemudian hari,” lanjutnya.

“Oleh karenanya, kita adakan FGD ini mengajak BPKAD, DPRD dan BPN untuk mengurai problem tersebut, sekaligus mencari solusinya,”

Sementara Ketua DPRD Sidoarjo, H Usman menyampaikan, PCNU melalui BP3aset NU harus mendata seluruh bangunan dan tanah milik NU, agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. “Kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada anak-anak kita puluhan tahun mendatang. Tidak mustahil aset itu beralih ke pihak lain bila tidak di inventarisir,” ujarnya.

Slamet Budiono menyebutkan, akan ada tindak lanjut dari FGD ini. Ia akan berkoordinasi dengan Dinas Perumahan, Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Sidoarjo, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sidoarjo, serta Kementerian Agama Sidoarjo. “Sementara ini kami telah bekerjasama dengan LP Maarif NU dan Lembaga Takmir Masjid NU Sidoarjo untuk pendataan.”

Baca Juga  Gus Miftah Terima Gelar Banser Kehormatan di Sidoarjo

Turut hadir dalam FGD ini, pengurus MWC NU, Lembaga Wakaf dan Pertanahan (LWP) NU, LP Maarif NU dan LPBHNU.

Pewarta: Zaim Muhammad

Editor: Mustain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *