Aswaja Female Mengaji Bahas Peran Perempuan dalam Ibadah dan Bela Negara

banner 970x250

SIDOARJO – Aswaja Female Sidoarjo menggelar pengajian online yang diselenggarakan di akun Instagram aswaja_femalesda pada (24/12/2022). Kegiatan tersebut diisi oleh Wakil Ketua Aswaja NU Center Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo, Nyai Farida Ulvi Na’imah.

Pada momen tersebut, Ning Ulvi membahas tentang peran perempuan dalam ibadah dan bela negara. Ning Ulvi mengutip riwayat Imam Al Bukhori tentang pemberian ijin bagi perempuan-perempuan untuk ikut beribadah bersama nabi.

“Perempuan juga perlu diberi kesempatan dan fasilitas, dimana tempat ibadahnya, bagaimana tempat wudhunya, ini menggambarkan bahwa perempuan-perempuan pada zaman itu ikut berjama’ah dengan Rasulullah di Masjid,” ujarnya.

Ning Ulvi juga menuturkan, masjid-masjid juga menjadi tempat berkumpulnya perempuan. Masjid menjadi sentra bagi para perempuan untuk menuntut ilmu dan beribadah bersama nabi dan para sahabat. Contohnya adalah ketika Saad bin Abi Waqas wafat, Aisyah RA meminta agar jenazahnya dibawa ke masjid agar perempuan-perempuan lain bisa ikut menshalatinya.

Ning Ulvi menambahkan dalam riwayat-riwayat lain perempuan juga shalat Jum’at, shalat jama’ah, membaca al kahfi dan sebagainya. Masjid menjadi ruang belajar dan diskusi bagi perempuan. Selain itu, perempuan juga punya peran sentral pada bab bela negeri.

Baca Juga  Keutamaan Menuntut Ilmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *